Pabrik Tas Bandung

cv. adipura mandiri

Cara Membuat Tas

 
 
Cara Membuat Tas
 
Pada tutorial kali ini, dijelaskan cara membuat tas belanja, menggunakan bahan kain kanvas. Berikut bahan-bahan yang dipersiapkan adalah 
• Kain Kanvas 60s Poliester (Bahan kain poliester memiliki kelebihan tidak mudah kotor sehingga cocok sebagai tas belanja atau shopping bag)
• 2 lusin jarum
 
Juga akan ditunjukkan teknik jahit prancis, jahit lebih cepat sekaligus finishing juga benang jahitan tidak mudah rusak ketika tas tersebut dicuci.
 
Langkah Pertama Membuat Tas Kanvas
 

Langkah Pertama Membuat Tas Kanvas

 
Langkah Pertama : Setelah membuat pola, potong pola tas anda seperti gambar diatas (Buat dua pola sama persis seperti gambar diatas). Jika anda belum pernah membuat pola seperti diatas, disarankan menyelesaikan satu pola tas terlebih dahulu sebelum memotong pola tas lainnya. Sehingga dapat memperbaikinya jika tas yang telah dibuat tidak sesuai harapan Anda. 
 
Untuk cara membuat tas ini, kita akan menggunakan jahitan prancis. Berikut tutorial singkat:
 
Langkah Kedua Membuat Tas Kanvas
 

Langkah Kedua Membuat Tas Kanvas

 
Gabungkan dua pola tas tersebut dengan gambar tanaman menghadap keluar. Setelah itu, jahit tas tersebut seperti gambar diatas (sisi kanan). Pastikan kain pola tersusun dengan baik! Seperti yang Anda lihat gambar diatas, tas yang dijahit menggunakan kurang dari 1/8". Jika Anda tidak cocok dengan ukuran jahit tersebut, dapat menggunakan jahitan 3/8" atau 1/2". Pastikan tepi kain rapi dan tidak ada benang yang terurai (berjumbai).
 
Langkah Ketiga Membuat Tas Kanvas
 

Langkah Ketiga (Finishing Sisi Kanan Pola Kain Tas)

 
Setelah Anda telah menjahit kain pola tersebut (gambar tanaman menghadap keluar), lipat jahitan (kain pola) sehingga gambar tanaman menghadap kedalam seperti gambar diatas. Jahitan sebelumnya (jahitan pertama) akan ditimpa dengan jahitan kedua. Sehingga jahitan pertama dan tepi kain pola, tidak terlihat lagi karena ditimpa jahitan kedua seperti hasil gambar di bawah ini. 
 
Bikin Tas
 
Lakukan hal yang sama berulang untuk bagian sisi kiri dan bawah, seperti gambar dibawah berikut ini.
 
Teknik Jahitan Tas
 

Teknik Jahitan Tas Lebih Cepat (teknik perancis)

 
Menjahit tas dengan teknik jahitan perancis adalah cara yang lebih cepat, pertama-pertama menjahit kain pola sisi kanan, sisi kiri dan bagian bawah. Mengubah atau membalikkan bagian kain, gambar tanaman menjadi didalam (gambar tanaman tidak terlihat). Kedua, setelah membalikan kain, jahit sisi kanan, sisi kiri dan bagian bawah sehingga tampak rapi seperti gambar diatas.
 
Bikin Tas Bandung
 
Langkah Keempat (Sudut Tas Kiri dan Kanan)
 
Langkah selanjutnya, buat sudut tas bawah (kiri dan kanan) seperti gambar diatas. Kunci sudut tas dengan jarum (jarum pentul), dan balikkan tas sehingga gambar tanaman berada didalam seperti gambar dibawah. Pastikan area sisa yang akan dijahit tidak terpelintir.
 
Bikin Tas Jakarta
 
Langkah Kelima (Finishing Sudut Tas Kiri dan Kanan)
 
Setelah kain pola gambar tanaman berada didalam, jahit sudut tas. Setelah selesai, persiapan menjahit bagian atas.
 
Bikin Tas Indonesia
 
Langkah Keenam (Kain Pola untuk Pegangan Tas)
 
Untuk tas belanja/shopping bag, lipatan atas umumnya menggunakan 2cm. Setelah selesai bagian atas tas, terakhir adalah menjahit pegangan tas dan menggabungkannya. Potong tali dengan ukuran 30cmx6cm. 
 
Bikin Tas Kanvas
 
Lipat kira2 1,2677 cm seperti gambar diatas
 
Bikin Tas Spunbond.
 
Kemudian lipat sisi dalam kain tersebut (Gambar diatas). Kunci kain dengan dua buah jarum
 
Bikin Tas Laken
 
Kemudian lipat lagi sehingga tepi kain tersembunyi didalam. Seperti contoh gambar diatas. Cabut dua buah jarum sebelumnya.
 
Kombinasi Jahit Tas
 
Langkah Ketujuh (Kombinasi Jahit Pegangan Tas dan Badan Tas)
 
Sesudah itu, kunci kain pola untuk pegangan tas (tali tas) dengan satu jarum. Periksa kain pegangan tas agar sejajar, setelah itu jahit kiri dan kanan bersamaan dengan badan (kotak) tas yang telah jadi. Alternatif lainnya, pegangan/tali tas dapat dijahit terlebih dahulu sebelum dijahit dengan badan (kotak) tas.
 
Pegangan Tas
 
Lebar badan tas adalah 45 cm dengan pemasangan pegangan tas (jarak dari sudut luar ke dalam sebesar 13,7cm). Lebar pegangan tas yang sudah jadi sebesar 3cm untuk memberikan kekuatan pada tas. Jahit desain berbentuk X untuk kekuatan tambahan pada tas. Sebagai info tambahan, tiap jenis kain memiliki daya topang yang berbeda-beda.
 
 
 

Artikel Terkait :

Cara Memasangkan Magnet Pada Tas

Membuat tas terkadang memerlukan aksesoris tambahan untuk membuat tampilan lebih bagus. Berikut ini tutorial sederhana "Cara memasangkan magnet pada Tas".

Teknik Pemasangan Aksesoris Tas

Produk tas dengan bahan sama tetapi menggunakan aksesoris yang berbeda akan menciptakan sebuah tas yang unik. Berikut tips singkat teknik pemasangan aksesoris pada tas sehingga mempercantik desain dan memperkaya fitur pada tas anda.